10 Wali Kota Bangun Kesepakatan Soal Angkutan Berbasis Aplikasi

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta~ Beberapa waktu lalu ada ratusan awak angkutan umum yang mendemo angkutan aplikasi seperti Uber dan Airbnb. Demonstrasi yang diwarnai kericuhan tersebut mungkin menjadipemantik bagi pemerintah daerah di berbagai negara untuk lebih serius dalammengkaji persoalan ini. Sebagaimana diwartakan detik.com, Uber dan Airbnb banyak disukai karena menawarkan tarif rendah dan kepraktisan dalam penggunaannya..

setidaknya ada wali kota dari 10 kota di dunia akan duduk bersama untuk membuat aturan khusus Uber, Airbnb dan bermacam layanan sejenisnya. Langkah ini dilakukan agar para wali kota mempunyai posisi tawar yang lebih baik jika layanan tersebut ada di kotanya.

Pertemuan ini digagas oleh wali kota New York dan Paris.  Pertemuan para wali kota ini pertama dilakukan Mei lalu di Amsterdam, di mana perwakilan dari Paris ditunjuk untuk membuat kerangka aturannya.

“Mempunyai 20 atau 30 pasar urban terbesar di seluruh dunia dengan aturan yang berbeda tak mempunyai kebaikan bagi siapapun,” sebut juru bicara wali kota New York (22/6).

Tags:
author

Author: