260 Ekor Kambing Dimasak di Haul Habib Ali Al Habsy

haul1

Solo ~ Saat ini tengah berlangsung peringatan Haul Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Acara yang terpusat di Masjid Riyadh ini akan berakhir besok (20/1). Untuk memulyakan ribuan tamu yang hadir, panitia memasak 2 ton beras dan 260 ekor kambing. Bahan makanan ini dimasak oleh 30 juru masak dari berbagai kota.

“Jumlahnya relatif sama dengan tahun sebelumnya yaitu 2 ton beras dan 260 ekor kambing,” sebutsukarelawan di bagian dapur umum, Husein (17/1).

Menurut Husein, beras dan kambing tersebut berasal dari bantuan jemaah termasuk kerabat keluarga Habib dan donatur lain. Sesuai adat yang sudah berlangsung bertahun-tahun, panitia menyajikan ribuan nampan nasi kebuli.

“Jumlah itu mungkin tidak bisa untuk memenuhi seluruh tamu. Kami hanya berusaha melayani tamu sebaik mungkin yang kami bisa. Tamu yang tidak kebagian bisa membeli makan di warung-warung sekitar masjid,” imbuhHusein.

Ditambahkan oleh Koordinator juru masak, Ani Yuliarwati, hidangan khas Haul AHabib Ali Al Habsy ialah nasi kebuli. Dihidangkan juga jelatha,  semacam acar dari nanas, timur, dan gula pasir, serta cakmi.

“Kamis malam kami memasak bayam dan kare untuk pendamping roti tawar yang disajikan Jumat pagi,” ungkap Ani seperti diwartakan Solopos.

Perempuan asal Jakarta ini melaksanakan tugas memasak bersama  juru masak lain dari Jakarta, Palembang, Kudus, dan daerah lain.

“Kami dari berbagai kota dan hanya bertemu setahun sekali. Habib pernah berpesan kami jangan sampai putus silaturahmi. Kalau di antara kami tidak ada yang mampu memasak lagi akan diteruskan oleh anak-cucunya. Begitu seterusnya,” tandasnya.

Tags:
author

Author: