3 Jajanan Khas Cilacap yang Menggoda Lidah

mendoan

Cilacap~ Selain memiliki potensi minyak yang melimpah, ternyata Kabupaten Cilacap memiliki berbagai kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Namun, jangan bayangkan kuliner dimaksud berupa makanan berat. Pasalnya, kuliner khas Cilacap sebagian besar adalah jajanan yang nikmat untuk dijadikan camilan.

Jajanan pertama khas Cilacap ialah mendoan cilacap. Penganan yang sau ini menjadi salah satu kuliner khas yang sangat diminati oleh pengunjung dari berbagai daerah.  Walaupun secara umum nama dan bahan makanan ini sama dengan beberapa daerah di Jawa Tengah, tetapi  mendoan Cilacap memiliki ciri khas tersendiri.  Salah satu ciri khasnya ialah ukuran yang lebih besar dan tipis menjadi suatu perpaduan yang cukup unik dari mendoan ini.

Meskipun bentuknya tipis, jangan dikira mendoan cilacap renyah seperti keripik. Pasalnya, penjual sengaja menggoreng mendoan ini setengah matang. Berdasarkan penuturan banyak orang,  mendoan cilacap akan lebih nikmat jika disantap dengan cabai segar dan ditemani teh hangat.  Rasanya sangat nikmat dan nyaris tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Jajanan khas Cilacap lainnya ialah nopia. Makanan ini berbentuk bulat, berwarna putih, dan berisi campuran gula merah. Konon, pembuatan makanan khas ini masih menggunakan metode tradisional. Metode yang dimaksud yaitu menempelkan bahan nopia pada kuali yang telah dipanaskan. Penggunaan metode tradisional dalam pembuatannya membuat nopia cilacap memiliki cita rasa yang khas dan mantap.

Makanan lain yang cukup terkenal di Cilacap ialah stik sukun. Stik sukun merupakan makanan ringan berbentuk panjang persegi yang terbuat dari sukum. Pada umumnya stik sukun dari Cilacap memiliki rasa gurih dan renyah yang khas. Stik sukun cilacap tahan cukup lama sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Tags:
author

Author: