3 Jamaah Haji yang Ditahan Karena Bawa Uang Banyak Sudah Dibebaskan

haji

Madinah – Akhirnya, tiga jemaah haji Indonesia yang sempat tertahan pihak imigrasi Bandara Amir Mahmud bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dibebaskan. Ketiga orang tersebut adalah Ansharul Adhim Abdullah (47) dan istrinya Sri Wahyuni Rahayu (36), serta Rochmat Kanapi Podo (58).

Mereka ditahan lantaran membawa uang melebihi jumlah ketentuan saat melewati pemeriksaan X Ray Bandara AMAA Madinah sebelum terbang ke  Indonesia. Ketiganya diketahui membawa uang dalam bentuk Dollar, Euro dan Riyal, melebihi ketentuan pihak imigrasi Arab Saudi sebanyak 60.000 Riyal. Usai dihitung, total uang yang dibawa ketiga jemaah ini berjumlah 50.000 Dollar, 378.000 Euro, dan 17.000 Riyal. Nominal tersebut atau setara dengan Rp 6.235.971.394,00.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyathi Basori, sudah menyampaikan kepastian warta ini di Madinah (4/10). Otoritas terkait membebaskan ketiganya setelah ada klarifikasi dengan pendampingan dari Konjen RI, Rofik Rakib, dan seorang penerjemah, Shokhari.

“Uang itu merupakan sumbangan dari seorang saudagar dan juga donatur di Saudi Arabia, yang diamanatkan kepada Ansharul Adhim Abdullah untuk pembangunan masjid, yayasan dan panti asuhan yatim piatu,” jelas Ahmad Dumyathi seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Tags:
author

Author: