3 Ruas Tol “Anyar” Siap untuk Mudik 2017

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta~ Kabar gembira! Tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang disiapkan untuk bisa dilalui pemudik pada Lebaran 2017 di bulan Juni. Tol dimaksud yakni jaringan Tol Trans Jawa tersebut yakni tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Tiga instansi yang terlibat dalam mega proyek ini sudah sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan agar bisa tepat waktu. Ketiganya ialah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Sumber Mitra Jaya.

Diharapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tiga ruas tol tersebut mampu mengurangi kemacetan arus mudik lebaran tahun ini.

“Kunjungan kali ini tujuannya untuk meyakinkan mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang,”sebutnya Basuki usai melakukan kunjungan ke ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang (7/1).

Disebutkan Basuki, nantinya jalan tersebut sudah dilapisi beton. Ia juga menyebutkan jika secara keseluruhan, berdasarkan aspek prasarana, mudik tahun ini diklaim bisa lebih baik dari tahun lalu.

“Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi arus dapat terpecah di Brebes, untuk langsung menuju Purwokerto,” katanya.

Menteri Basuki juga mengemukakan jika saat ini progres konstruksi pembangunan ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen. Adapun pembebasan lahannya 98 persen. Jalan ini ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember 2017, tetapi secara fungsional sudah bisa dipakai untuk arus mudik tahun ini.

Seperti diwartakan Kompas, ruas Tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 kilometer. Target beroperasi tol ini adalah Desember 2018, tetapu fungsionalnya diharapkan bisa digunakan pada musim mudik kali ini.

“Jalan Tol Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer, ada beberapa kilometer yang kualitas tanahnya sulit, istilahnya soft soil, sehingga perlu treatment. Kami sudah disepakati dilakukan dengan metode vacuum,” imbuh Basuki.

Adapun ruas Tol Batang-Semarang mulai dibangun pada April 2016. Beberapa ruas tol ini sudah dapat dilalui meski ditargetkan baru akan beroperasi tahun 2018.

Tags:
author

Author: