3 Tips Membangun Komunikasi dengan Anak

gigi

Pewartaekbis~ Komunikasi yang baik antara ayah dan anak memiliki peran penting dalam pertumbuhan karakter anak. Diakui atau tidak, anak akan tumbuh dengan kepercayaan diri penuh apabila sejak kecil ia tumbuh dengan pola komunikasi yang sehat dengan ayahnya.

Sayangnya, tak seluruh ayah berhasil menjalankan komunikasi yang baik. Sehingga hati anak teak merasa dekat dengan ayah. Apabila hal ini terjadi, tentu saja secara tidak langsung anak telah menganggap ayahnya sebagai bagaian luar dalam hidupnya. Hmm, padahal ayahlah yang pada umumnya mencari nafkah.

Untuk itu, sebagai ayah yang baik Anda perlu melakukan tiga tips berikut sejak dini agar komunikasi Anda dengan anak berjalan mulus dan mengarah pada emosi positif. Dengan demikian, suatu saat nanti Andalah yang akan memetik keindahan masa tua.

Sediakan Waktu untuk Anak

Waktu merupakan sesuatu yang amat penting. Jangan karena anak masih bayi, Anda sama sekali tak menyediakan waktu untuk bercakap-cakap dengan buah hati. Meski ia belum bisa menjawab dengan baik, sapaan atau ajakan anda untuk berbicara merupakan awal yang baik dalam membangun kedekatan dengan anak.

Tatap Matanya Ketika Bicara

Tips ini sebenarnya berlaku untuk semua kalangan. Pasalnya, ini merupakan kiat komunikasi positif yang secara umum mesti dipraktekkan ketika berbicara dengan orang lain. Hubungannya dengan pola komunikasi yang baik, tatapan Anda akan membuat si kecil nyaman. Ia akan merasa diperhatikan dan dihargai oleh ayahnya. Dampak pendeknya, ia akan lebih nyaman ketika menceritakan masalahnya.

Masuki Dunianya

Bisa jadi ini bagian terpenting dalam membangun komunikasi positif sejak dini dengan si anak. Anak memiliki dunia yang berbeda dengan dunia dewasa. Apabila Anda menerapkan semua peraturan ‘dunia dewasa’ tentu saja si anak akan merasa tidak nyaman. Jadi, cobalah untuk masuk ke dalam dunianya. Apapun jabatan Anda, sangat penting bagi Anda bermain bersama anak sesuai dengan umur dan hobi si kecil.

Tags:
author

Author: