5.000 Nelayan Dihadiahi Bantuan dari Pemerintah

nelayan

Cilacap~ Tadi pagi (30/6) ada 5.000 nelayan yang menerima bantuan santunan untuk tiga bulan pertama. Bantuan yang diberikan secara simbolis diterima 10 perwakilan nelayan tersebut diberikan seiring dengan peresmian operasional penuh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Menariknya, bantuan diberikan langsung Presiden Joko Widodo. Bantuan diberikan di kawasan wisata Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dalam acara tersebut, Presiden sempat menggelar dialog dengan perwakilan nelayan.

“Apakah nelayan juga mengalami risiko kerja pak?” tanya Presiden Jokowi kepada Jumadi, salah seorang nelayan.

Jumadi, seperti diwartakan Kompas, kemudian menceritakan risiko kerja yang dialami nelayan. Berbagai risiko kerja yang disampaikannya kemudian ditanggapi oleh Jokowi.

“Inilah pentingnya perlindungan kerja itu,” tanggap Presiden Jokowi seperti diwartakan Kompas.

Sebagaimana diketahui, nelayan termasuk pekerja bukan penerima upah yang bergerak di sektor informal. Menggunakan jaminan ketenagakerjaan dari BPJS, diharapkan nelayan dan pekerja sektor informal lain dapat bekerja dengan lebih tenang. Namun, mereka diminta untuk membayar iuran bulanan kepada BPJS.

Selain Presiden, acara tersebut juga dihadiri Ibu Negara Iriana Widodo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri, Menteri Kelautan, Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn Massasya.

Tags:
author

Author: