5 Kiat Mengatur Keuangan Usaha Kecil

rupiah menguat

Pewartaekbis~ Anda sedang merintis usaha kecil? Pastikan Anda telah mengelola keuangan usaha yang sedang Anda rintis dengan baik. pasalnya, banyak pelaku usaha yang mengalami kegagalam karena abai terhadap manajemen keuangan di usaha yang tengah dilakukannya.

Ada ribuan tips yang dapat Anda lakukan dalam mengatur keuangan. Namun, enam tips berikut ini jangan Anda lewatkan jika ingin usaha Anda terus berkembang dan semakin berkembang.

Tidak Mengabaikan Pemasukan, Meski Kecil
Sudah jamak, bisni sangat erat kaitannya dengan pemasukan. Jadi, jangan pernah mengabaikan tiap rupiah dari pemasukan Anda. Catatlah dalam notulen pemasukan khusus, termasuk orang- orang yang belum membayar dalam meski dalam jumlah kecil.

Tidak Mengabaikan Pengeluaran, Meski Kecil
Tips ini masih terkait dengan tips pertama di atas. Anda jangan menyepelekanbiaya produksi dan biaya operasional, meski itu sangat kecil nilainya. Meski itu hanya berupa sajian untuk tamu atau  membeli sebuah buku. Catat dengan cermat. Ingat, hanya dari catatan yang detail Anda dapat mengetahui strategi berikutnya untuk melebarkan sayap usaha.

Pisahkan dengan Keuangan Pribadi
Tips ini terlihat sepele sehingga banyak yang mengesampingkannya. Padahal, pemisahan antara uang pribadi dan usaha sangat penting untuk dilakukan, terlebih jika anda sedang dalam proses rintisan. Ada banyak keuntungan dari pemisahan ini. Seperti tidak bercampurnya pemasukan usaha dengan modal ekstra, tidak menggunakan uang ‘kantor’ untuk konsumsi, dan yang jelas memudahkan Anda menghitung laba dan rugi dari usaha yang tengah Anda rintis.

Jangan Ragu untuk Meminta ‘Bantuan’ Orang ke-3
Jika Anda termasuk orang yang tidak teliti soal keuangan, maka sudah tentu Anda butuh orang lain untuk menjadi bendahara. Pilihlah orang yang betul- betul dapat Anda percaya. Sebab, ‘bendahara’ usaha Anda sangat menentukan derap laju usaha yang sedang dirintis.

Periksa Kondisi Keuangan Secara Berkala
Meski telah memiliki bendahara, pastikan Anda turun langsung untuk mengecek kondisi keuangan usaha yang tengah Anda rintis. Dengan langkah ini, Anda dapat segera mengambil langkah jitu jika terjadi permasalahan dalam keuangan.

Alokasikan dana Khusus untuk Sedekah
Konsep ini memang mengarah ke religiusitas. Butuh keyakinan kuat untuk menjalankannya secara berkelanjutan. Pasalnya, sudah sangat banyak pelaku usaha yang sukses karena mengalokasikan dana khusus untuk sedekah kepada mereka yang kurang beruntung. Jadi, tidak ada salahnya Anda tiru langkah mereka.

Rate this article!
Tags:
author

Author: