500 Sekolah di Jakarta Dijadikan Percontohan “Full Day School”

ilustrasi

ilustrasi

Padang~ Meski menuai beragam komentar, ternyata gagasan  “Full Day School” terus berlanjut. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy menerangkan jika 500-an sekoloah sudah dipilih sebagai percontohan program ini.

“Saat ini sudah ada 500 sekolah yang akan menjadi percontohan penerapan program ‘Full Day School’. Saat ini masih dalam tahap persiapannya,” sebutnya dalam sebuah seminar di Padang beberapa waktu lalu.

Sekolah-sekolah dimaksd terdiri atas berbagai jenjang, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat (SLTA). Seluruhnya berlokasi di ibu kota.

“Semoga penerapan program tersebut dapat berjalan dengan baik, dan apa tujuan yang terkandung di dalamnya bisa tercapai,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, pengganti Anies Baswedan ini menerangkan jika “Full Day School” tak berarti peserta didik belajar seharian di sekolah. Sistem ini hanya berupaya memastikan peserta didik mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter.

“Jadi melalui ‘Full Day School’, setelah belajar setengah hari peserta didik tidak langsung pulang ke rumah, namun dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan, dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi,” kata Muhadjir seperti dilaporkan Kompas.

Tags:
author

Author: