Enam Strategi Pemasaran untuk Mendongkrak Penjualan

Internet-marketer-professional

Kemampuan andal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.

Teknik pemasaran bisa dikatakan kunci keberhasilan penjualan produk. Kemampuan andal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Teknik pemasaran yang baik perlu didukung strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi pemasaran efektif, proses pemasaran (marketing) yang inovatif dapat ditemukan. Bahkan, strategi ini menyebabkan pelanggan semakin loyal. Namun, jangan abaikan kualitas produk sebagai unsur penting dalam proses pemasaran.

Selanjutnya, rancanglah strategi pemasaran yang efektif. Ini dilakukan agar proses pemasaran berlangsung terkontrol, dinamis, dan kreatif. Ada enam langkah strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan.

Pertama, kenali pelanggan Anda. Identifikasi target pasar (target market) Anda memudahkan Anda menyusun strategi pemasaran yang efektif. Anda dapat menentukan target pasar kelompok usia 15-30 tahun jika memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat menentukan perempuan kelompok usia 20-35 tahun jika memasarkan produk sepatu wedges. Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat terhindar dari waktu dan biaya sia-sia.

Kedua, lakukan promosi. Kenalkan produk Anda kepada konsumen. Anda harus melakukan promosi secara konsisten, kontinu, dan kreatif. Misalnya, ketika bepergian bawahlah brosur, pamflet, atau leaflet produk Anda. Selanjutnya, bagikan kepada teman Anda atau sebarkan di tempat umum. Anda juga dapat memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook atau twitter dalam mengenalkan produk Anda. Dengan sendirinya, Anda akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk Anda.

Amati pula strategi promosi pesaing Anda. Jika promosi Anda lebih unik dan menarik, teruskan strategi promosi tersebut. Jangan lupa, promosi dari mulut ke mulut. Karena itulah, siapkan diri Anda untuk menciptakan kenyamaan bagi pelanggan. Pelanggan yang puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal. Tidak menutup kemungkinan, pelanggan tersebut dapat menarik pelanggan baru.

Ketiga, pilih lokasi strategis. Pemilihan tempat termasuk faktor penting dalam strategi pemasaran yang efektif. Perhatikan toko roti Holland Bakery yang terletak di jalanan ramai. Ini strategi pemilik toko dalam meraih pelanggan potensial. Usahakan memilih lokasi yang tepat dan strategis sehingga bisnis Anda lebih mudah diakses pelanggan.

Keempat, gunakan internet marketing. Internet marketing termasuk salah satu strategi pemasaran yang efektif. Mengapa? Anda dapat mengetahui selera dan kebutuhan pelanggan. Anda dapat mempromosikan bisnis Anda di media sosial. Dewasa ini, jual beli online berkembang pesat. Ini menunjukkan pelanggan nyaman belanja di luar jam buka toko dan lebih privasi. Di internet, Anda memiliki ruang inovasi lebih luas.

Kelima, jalin hubungan dengan pelanggan. Mempertahankan pelanggan lama lebih mudah daripada mencari pelanggan baru. Bayangkan, biaya untuk mencari pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada mempertahankan pelanggan lama. Karena itulah, buatlah database pelanggan. Anda dapat mencatat data tentang pelanggan. Anda sebaiknya menghubungi pelanggan secara berkala. Anda dapat memberi informasi tentang promo produk kepada pelanggan. Joe Girard, salesman otomotif, menyatakan kunci sukses dalam marketing adalah selalu memelihara hubungan baik dengan pelanggan.

Keenam, the Power of Focus. Kekuatan fokus mampu mengantarkan Apple meraih kesuksesan. Appel memfokuskan pada produknya hingga menghasilkan miliaran dolar. Kesuksesan diraih Apple karena fokus pada sumber daya dan produk lebih sedikit, tapi inovatif.

Kini, persaingan yang ketat dapat Anda menangkan dengan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat melahirkan ide inovatif untuk memenangkan pasar.

Tags:
author

Author: