60 Persen SD dan SMP di Bandung Siap Melakukan UNBK Tahun ini

ujian nasional online

Bandung – Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada banyak sekolah yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar ujian nasional berbasis komputer atau lazim disebut UNBK. Di Bandung, Pemkot setempat bahkan menargetkan 60 persen seluruh sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) bisa menyelenggarakan UNBK di tahun ini.

Dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Elih Sudiapermana, UNBK selama ini terkendala dengan tidak tersedianya fasilitas yang memadai. Kendala tersebut bisa diselesaikan dengan beralihnya pengelolaan SMA/SMK ke provinsi.

“Pak menteri itu memang memerintahkan pada 2017 diupayakan UNBK sebanyak-banyaknya dengan mengoptimalkan komputer yang dimiliki oleh semua sekolah. Jadi pakai sistem silang, jadi untuk UNBK diupayakan semua yang SD dan SMP bisa dimanfaatkan sari SMK atau SMA,” ungkapnya (2/1).

Dengan solusi ini, pihaknya yakin dapat mendongkrak UNBK di Kota Bandung. Selain itu, solusi ini mampu a menekan anggaran karena tidak perlu lagi membeli melalui APBD. Meski demikian, ada sejumlah prosedur untuk pengalihan sarana dan prasarana yang dimiliki Pemkot di SD dan SMP.

Diwartakan merdeka.com, catatan Dinas Pendidikan Kota Bandung menunjukkan jika ada 287 SMP di Kota Bandung. Sementara itu, SD sebanyak 1.065 di Kota Bandung yang terdiri 796 SD negeri dan 269 swasta.

Tags:
author

Author: