8 Langkah Mengajarkan Kejujuran Pada Anak

gie

Pewartaekbis- Kejujuran adalah pendidikan utama dalam perilaku hidup. Untuk menjadi jujur perlu adanya pembiasaan sejak dini. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu membimbing anak-anak berbuat jujur:

1. Reward Kebenaran
Reward kejujuran dengan memberi banyak pujian dan pelukan, akan membangun kepercayaan diri dan memperkuat perilaku positif.

2. Melatih Anak Berbicara Kebenaran Sepenuhnya
Bantu anak Anda untuk memahami bahwa apa yang disebut “setengah kebenaran,” “sedikit kebohongan”, dan harus selalu seluruh kebenaran dan hanya kebenaran.

3. Dorong anak Anda untuk mencari Jujur Teman
Ajarkan anak Anda untuk bergaul dengan anak-anak lain yang jujur dan dapat dipercaya.
Yang Dapat Anda Lakukan

4. Hindari lebel
Jangan katakan anak anda pembohong. Hal ini hanya akan membuat dia menjadi defensive, dan lama kelamaan dia akan mulai mempercayai dan menjalani lebel yang anda berikan tersebut.

5. Jangan tanyakan pertanyaan yang anda sudah tahu jawabannya
Hal ini hanya akan menciptakan kondisi dimana dia dapat berbohong.

6. Cari tahu kenapa anak anda berbohong
Sebelum anda marah dan menceramahinya, tanyakanlah dan biarkanlah dia memberi penjelasan.

7. Ajarkan kepada anak bahwa berbohong itu tidak akan berhasil
Jika si kecil dengan kekeuh-nya menyangkal kesalahannya, carilah cara baginya untuk menebus kesalahannya.Dia akan belajar bahwa berbohong tidak akan membuatnya menjadi tidak bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi.

8. Cobalah untuk jujur meski untuk topik yang sulit sekalipun
Seperti penyakit, perceraian ataupun kematian. Mengatakan kepada anak bahwa orang yang meninggal hanya pergi jauh untuk sementara waktu, hanya akan membuatnya menjadi penasaran dan bingung mengenai kematian, tidak percaya mengenai penjelasan anda, dan akan mulai berpikir kalau berkata jujur tidak begitu penting. Lebih baik menghadapi dan membahas topik tersebut secara sensitif dan jujur.

Namun, dari semua hal diatas orang tua sebagai panutan haruslah selalu menjadi contoh dan membiasakan jujur dalam semua ucapan dan perbuatan. Karena, anak juga belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar.

Tags:
author

Author: