Acara “Berita Islam Masa Kini” Heboh, Ini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal

 

trans

Pewartaekbis~ Tayangan “Berita Islam Masa Kini” pada hari Rabu (2/9) mendapat kritikan cukup keras dari masyarakat. Acara bertema “Mengirimkan Al-Fatihah untuk orang yang sudah tiada” tersebut dipandu oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Mecca.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Ali Mustafa Yaqub, persoalan tersebut hanyalah perbedaan pendapat saja.

“Masalah ini hanya perbedaan pendapat saja. Memang ada yang berbeda pendapat , tapi juga ada yang keliru memahami jadi dianggap salah,” jelas Yaqub (3/9).

Yaqub juga berharap masyarakat harus memahami terlebih dahulu makna dari bidah (perbuatan yang tidak ada dalil agamanya). Sementara itu, beribadah untuk dihadiahkan kepada orang lain, baik yang hidup maupun sudah tiada, ada hadisnya tersendiri.

“Yang disebut bid’ah itu apa dulu. Bid’ah adalah ibadah yang tidak ada dalil agamanya. Beri Alfatihah itu kan dibiaskan oleh orang ibadah haji dihadiahkan ke orang lain, itu ada hadisnya,” lanjutnya.

Menurutnya, masih ada hadis yang mengatur tentang amalan untuk dihadiahkan kepada mereka yang sudah meninggal. Amalan dimaksud dapat berupa ayat suci Alquran, salat, puasa, atau ibadah haji.

“Alfatihah itu kan bacaan Alquran kita lakukan pahalanya dihadiahkan kepada orang lain itu boleh saja,” tegas Yaqub.

Selain itu, mayoritas ulama dan mazhab juga memperbolehkan membaca Alfatihah untuk dihadiahkan kepada orang lain. Kelompok yang tidak memperbolehkan hanyalah Muktazilah. (sumber: www.merdeka.com)

Tags:
author

Author: