Ada 400-an Orang “Gagal” Dilantik Jadi PNS Setelah Mengirim Ratusan Juta

rupiah

Jawa Barat – Ada kabar tragis dari Jawa Barat. Sekitar 400 orang di beberapa wilayah Jawa Barat diduga tertipu perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Mereka kecewa karena undangan ‘palsu’ pembekalan langsung dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sampai 10 hari ke depan.

Dikemukakan oleh salah satu korban, Dani, ia sudah menyetor Rp 100 juta pada seorang pria berinisial I. Menurut I, uang tersebut bisa mengantarkannya menjadi PNS dengan ikut rangkaian pelatihan. Sebelumnya, salah satu honorer di Jakarta ini diminta mengikuti pelatihan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Saya yakin karena selama proses itu sempat ada pelatihan di Lembang, pakai tes urine segala,” sebut Dani di Gedung Sate, Kota Bandung.

Hal senada dikemukakan oleh seseorang yang mengaku berasal dari Cimahi. Sosok yangg enggan disebutkan namanya itu mengaku mendapatkan lowongan CPNS lewat jalur titipan.

“Saya baru kasih Rp 70 juta, tapi saya ngobrol ada yang udah masukin 120 juta,” katanya kemudian.

Sementara itu, Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepedawaian Daerah (BKD) Embun Pragnyamarta menduga ratusan orang itu merupakan korban penipuan perekrutan CPNS. Menurutnya, sejak tahun 2014 pemerintah sudah mengeluarkan moratorium penerimaan PNS. Tes penerimaan CPNS juga dikemukakannya tidak melalui jalur perseorangan namun melalui lembaga pemerintah yang resmi seperti BKD di kabupaten/kota.

“Saya tekankan tidak ada penerimaan cpns lewat perorangan yang ada lewat lembaga pemerintah,” tegasnya sebagaimana diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: