Ada Pengamanan Ekstra Ketat Saat Ahok Disidang

hukum

Jakarta~ Kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh calon gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama terus menyita perhatian. Jutaan orang yang berkumpul di ibu kota pekan lalu merupakan salah satu buktinya.

Oleh karenanya, tidak berlebihan jika Mabes Polri menyiapkan pengamanan ekstra saat kasus ini disidangkan perdana. Sidang rencananya digelar pada hari Selasa (13/12).

Diterangkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompul, pihaknya akan melakukan upaya pengamanan maksimal agar sidang berjalan lancar dan tanpa gangguan.

“Kasus ini menjadi perhatian nasional jadi pengamanannya dilakukan seoptimal mungkin,” terangnya saat di Divisi Humas Mabes Polri (6/12).

Martinus juga menjelaskan jika kondusivitas jalannya persidangan menjadi perhatian utama. Dengan kata lain, kenyamanan hakim untuk mempertimbangkan dan memutuskan perkara menjadi prioritas aparat kepolisian.

“Tentu akan dipilih tempat dalam kaitan pengamanan, para hakim dapat melakukan kegiatannya dengan tenang dan nyaman,” imbuh Martinus.

Namun, hingga berita ini diturunkan Polda Metro Jaya belum menetapkan personel yang akan dikerahkan untuk mengamankan persidangan. Menurut Martinus, Polda Metro Jaya akan terlebih dahulu memetakan ancaman gangguan yang akan dihadapi.

“Kami akan lihat nanti berapa personel, kaitannya dengan ancaman, kaitan dengan gangguan yang dihadapi, tentu akan dilakukan upaya untuk memetakan dalam permasalahan dalam pengamanan nantinya,” tandasnya seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: