Agus-Sylvi ‘Minta Dukungan’, ini Jawaban NU dan Muhammadiyah

agus

Jakarta~ Sudah jamak, kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah didatangi oleh tokoh yang akan maju dalam pemilu. Kemarin misalnya (7/10), Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni mendatangi kedua kantor organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ini memulai kunjungannya di Kantor PBNU. Turut dalam rombongan, Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo, dan Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Pasagan ini diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj dan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin.

Kepada pasangan ini, KH Ma’ruf menerangkan bahwa Agus-Sylvi memiliki banyak kesamaan dengan warga NU. Kesamaan itu mulai dari sisi agama, mazhab, program, hingga kepribadian yang santun. Meski demikian, secara kelembagaan dirinya tetap menyatakan ‘menolak’ untuk mendukung Agus-Sylvi.

“Secara kelembagaan, kami tidak bisa. NU itu mendukung aja. Tata kramanya begitu,” sebut Ma’ruf Amin di Gedung PBNU, Jakarta Pusat.

Sementara itu, di  PP Muhammadiyah pasangan Agus-Sylvi diterima Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Seperti di kantir Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah juga tak bisa memberikan dukungan secara resmi  meskipun mendorong Agus-Sylvi untuk maju.

Tags:
author

Author: