AirAsia Rute Surabaya-Bangkok Akan Dibuka lagi

air asia

Pewartaekbis~ Pada bulan September mendatang AirAsia akan kembali membuka rute penerbangan Surabaya-Bangkok karena permintaan yang tinggi. Dikatakan Presdir AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko, permintaan terbang dari Surabaya ke Bangkok setahun terakhir dilayani via Jakarta melalui layanan fly-thru.

“Target kami, load factor rute Surabaya-Bangkok hingga akhir tahun bisa mencapai 75 persen. Selama ini rute Jakarta-Bangkok cukup tinggi dengan rata-rata load factor sekitar 78 persen,” sebut Sunu seperti diwartakan JPNN.

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah permintaan perjalanan wisata ke Thailand terus meningkat seiring dengan gencarnya pemerintah Thailand menggaet wisatawan asing. Thailand juga mengembangkan fasilitas khusus untuk wisatawan muslim.

“Tidak hanya menjaring masyarakat lokal Thailand, Bangkok juga pintu masuk bagi wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia. Untuk itu, kami menawarkan beberapa destinasi menarik di Jatim. Di antaranya ke Bromo, Kawah Ijen, dan Malang. Untuk sementara, frekuensi penerbangan Surabaya-Bangkok pulang pergi sebanyak empat kali seminggu. Menurut perhitungan kami, itu masih memadai. Kalau memang nanti ada peningkatan permintaan, bukan tidak mungkin menjadi daily,” imbuhnya.

AirAsia Indonesia di masa yang akan datang akan fokus menggarap rute internasional. Oleh karena itu, AirAsia berharap pemerintah segera memberikan izin untuk membuka kembali rute penerbangan Surabaya-Singapura setelah insiden jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501.

“Informasi yang saya terima, pemerintah akan buka kembali rute tersebut kalau hasil dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Red) keluar. Sejauh ini belum ada informasi resmi dari KNKT. Indikasi, hasilnya keluar paling cepat enam bulan sampai satu tahun. Kami berharap tidak perlu waktu lama membuka kembali rute tersebut. Kalau bisa sebelum akhir tahun sudah bisa terbang lagi,” lanjut Sunu.

Tags:
author

Author: