Ajib! Sampah di Solo Akan Diubah Jadi Listrik

keraton solo

Solo- Kabar menarik datang dari Solo Jawa Tengah. Nantinya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo akan  dikelola oleh pihak ketiga. Pihak dimaksud atas nama  PT Citra Metrojaya Putra  yang memenangkan lelang.

Guna  menindaklanjuti penetapan pemenang lelang pengelolaan sampah tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan pun pembentukan badan usaha baru. Lembaga dimaksud dikhususkan sebagai operator kerjasama operasional pengolahan sampah menjadi pembangkit tenaga listrik.

“Lembaga baru itu perlu, karena pengelolaan sampah TPA dan pembangkit listriknya nanti akan dilakukan di bawah lembaga itu,” jelas Wali Kota FX Hadi Rudyatmo (7/9).

Keberadaan badan usaha, kata Rudy,  berfungsi sebagai penerus pengelolaan sampah TPA Putri Cempa jika kontrak kerjasama Pemkot dan investor berakhir.

“Pembentukan badan usaha tengah dibahas tim teknis Pemkot. Tahun ini harapan kita sudah terbentuk. Personelnya bisa diambilkan dari Pemkot maupun dari luar,” imbuhnya.

PT Citra Metrojaya Putra selaku investor menurut Rudy  sudah memaparkan rencana pengelolaan sampah TPA Putri Cempo menjadi energi listrik. Perusahaan tersebut juga sudah  menyanggupi investasi Rp 417 miliar untuk membangun infrastruktur pengolahan sampah selama 20 tahun.

“Mereka akan mengolah sampah 250 ton per hari. Nanti akan ditingkatkan menjadi 1.000 ton pada 2018. Target tersebut sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18/2016 yang mengatur pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Kota Solo,” tandasnya dikutip dari merdeka.com.

Tags:
author

Author: