Akankah Kereta Shinkansen Bisa Dinikmati Masyarakat Indonesia Tahun Depan?

kereta

Pewartaekbis~ Sepertinya pemerintah Indonesia tak main-main untuk menggarap mega proyek kereta cepat layaknya di Jepang, kereta Shinkansen. Kabarnya investor asal Jepang dan China sangat tertarik untuk mengerjakan proyek ini.

Berdasarkan pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, investor asal China sudah menyelesaikan kajian pada akhir juni atau awal Juli. Dengan demikian, diharapkan akhir Juli sudah final.

“Akhir Juli sudah final untuk Financial Feasibility Study (FFS),” sebut Rini seperti diwartakan Kompas.

Rencananya, jalur kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut akan dibangun dengan memanfaatkan areal jalan tol. Meski masih dalam tahap pengkajian, rencana tersebut akan membuat pemerintah tak usah repot memikirkan pembebasan lahan.

selain investor asal negara lain, Rini juga menyebutkan jika mega proyek tersebut akan melibatkan perusahaan dalam negeri. Perusahaan lokal yang sudah masuk dalam konsorsium pembangunan jalur kereta cepat tersebut ialah PT Wijaya Karya (WIKA), PTPN VIII, INKA, dan LEN Industri.

Tiap perusahaan tersebut memiliki keahlian yang berbeda. Sementara itu, PTPN VIII dilibatkan karena proyek pembangunan jalur kereta api cepat ini akan menggunakan lahan milik perusahaan pemerintah ini.

“PTPN VIII lahannya besar, sehingga tidak sulit mencari lahan,” lanjut Rini.

Sayang, diperkirakan proyek kereta api ini membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Jadi, pada tahun 2018 masyarakat Indonesia baru bisa menikmati kereta supercepat. Itpun jika proyek bisa dimulai tahun ini.

Tags:
author

Author: