Akankah Mars Jadi Hunian Manusia?

mars

Pewartaekbis- Pada tahun 2010 seorang peneliti bernama Lujendra Ojha menemukan adanya endapan garam di Planet Mars. Dengan ditemukannya endapan gara Planet Merah ini membuat harapan akan masa depan manusia bumi menghuni planet tersebut semakin nyata.

Hal ini dikarenakan, setelah penemuan endapan garam tersebut Ohja beserta timnya terus melakukan penelitian lanjutan. Mereka meneliti asal muasal dari formasi endapan garam yang bentuknya selalu berubah setiap kali Mars berganti musim.

Dilansir dari Metronesw.com, belakangan diketahui bahwa endapan garam tersebut merupakan bukti adanya air di Mars. Penemuan besar baru saja diumumkan NASA. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut menyatakan, mereka menemukan air di Mars.

Penemuan tersebut merupakan hasil dari penelitian Ohja dan timnya, yang menemukan bahwa endapan tersebut merupakan hasil dari penguapan air di Mars. Selanjutnya, Ohja pun mempresentasikan teorinya yang bernama ‘smoking gun validation’sebagai bukti bahwa Mars memiliki air. Ohja mengungkapkan bahwa endapan garam tersebut mengandung molekul air di dalamnya, sehingga bukti bahwa air ada di Mars semakin nyata.

NASA dengan bantuan alat bernama CRISM yang terpasang di satelit Mars Reconnaisance Orbiter,akhirnya berhasil menemukan air di planet Mars. Meskipun demikian, karena terbatas dengan jarak, alat tersebut hanya bisa dioperasikan setiap pukul 3.00 sore waktu Mars. Dimana diwaktu ini Mars dalam kondisi terkeringnya, sehingga air diperkirakan telah menguap. Namun, jejak kimiawi dari proses penguapan air di Mars masih bisa dilacak.

Sumber: Metronews.com

Rate this article!
Tags:
author

Author: