Akhirnya! Gaji Dibawah Rp4,5 jt Tak Dikenakan Pajak Penghasilan

kelola uang

Jakarta – Anda dengan gaji di bawah 4,5 juta rupiah ternyata tak perlu bayar pajak penghasilan (PPh). Menurut Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi, kebijakan ini merupakan bagian dari putusan  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta per bulan.

“Pokoknya yang penghasilannya di bawah 4,5 juta sebulan tidak perlu punya NPWP, tidak perlu bayar pajak penghasilan,” sebut Ken di Kantor Pusat DJP, Jakarta (30/8).

Anda dengan  penghasilannya di bawah Rp 4,5 juta sebulan juga tidak diwajibkan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Oleh karenanya, Ken berharap masyarakat yang penghasilannya di bawah PTKP untuk tidak memusingkan program amnesti pajak.

“Jadi jangankan NPWP, SPT aja enggak apalagi ikut Tax Amnesty. Jadi lupakan (program amnesti pajak) bagi yang penghasilannya di bawah Rp 4,5 juta itu, pembantu, nelayan, petani, buruh enggak perlu ya,” imbuhnya.

Sebagaimana diwartakan Kompas, sebelumnya Kementerian Keuangan menjelaskan kebijakan menaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) ditujukan untuk melindungi dan meningkatkan daya beli masyarakat. Pemerintah juga mengharapkan konsumsi rumah tangga dapat terus berperan sebagai tumpuan pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Tags:
author

Author: