Akhirnya, Kotak Hitam AirAsia QZ8501 Telah Ditemukan

box

PANGKALAN BUN –  Pada Minggu (11/01/2015) kemarin, tiga kapal yang diturunkan dalam pecarian black box atau kotak hitam berhasil menangkap sinyal disekitar lokasi penemuan ekor pesawat AirAsia. Tiga kapal yang berhasil menangkap sinyal kotak hitam pesawat AirAsia tersebut, yaitu kapal Baruna Jaya, Java Interior, dan Geo Survey. Pinger Locator di kapal Baruna Jaya I dan Java Imperia milik BPPT berhasil menangkap sinyal yang diduga dipancarkan oleh black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501. Sinyal tersebut terdeteksi sekitar 1 km dari arah timur lokasi ditemukannya ekor pesawat.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto yakin sinyal ping yang berhasil dideteksi oleh kapal Baruna Jaya berasal dari black box pesawat AirAsia QZ8501. Hal ini karena ada lebih dari satu ping yang berhasil dideteksi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Indroyono Soesilo pun memastikan bahwa ping yang terdeteksi dari Kapal Baruna Jaya I milik BPPT berasal dari emergency locater transmitter AirAsia QZ8501. Soesilo memperkirakan ping tersebut adalah frekuensi yang dikirim black box.

Hari ini (Senin,12/01/2015) Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono mengatakan, tim penyelam TNI Angkatan Laut telah menemukan black box milik pesawat AirAsia QZ8501.

Black box yang sebelumnya terdeteksi sekitar 1,7 mil laut dari lokasi ekor pesawat yang sebelumnya telah ditemukan. Black Box tersebut akhirnya ditemukan di kedalaman 30 hingga 32 meter oleh Tim penyelam TNI AL yang berada di KN Jadayat. Tim penyelam telah berhasil menemukan black box AirAsia QZ8501 pada posisi 03.37.21 S/109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30 sampai dengan 32 meter.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Bambang Soelistyo dalam konferensi pers di Jakarta, “Saya mendapat informasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bahwa pada pukul 7.11, kami berhasil mengangkat bagian dari kotak hitam yang disebut flight data recorder,” kata Bambang dalam konferensi pers di Jakarta.

Tags:
author

Author: