Akhirnya! Menteri Pertanian Buka Suara Soal “Traktor yang Tak Jadi Dibagi”

traktor

Pewartaekbis~ Entah siapa yang awalnya menyebarkan perihal ‘traktor  yang tak jadi dibagikan’, berita tersebut telah diketahui banyak nitizen. Di jejaring sosial Facebook juga sudah beredar berita yang dilengkapi dengan candaan ala dunia maya.

Terkait dengan pewartaan tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pun buka suara untuk menjelaskan soal traktor yang seolah hanya dipajang dan tak dibagikan ke petani saat Presiden Jokowi hadir pada acara panen raya di Ponorogo Jawa Timur.

“Traktor untuk Ponorogo (seluruhnya) baru mau dibagikan bulan depan ini. Tapi yang sudah ada segera dikirimkan,” demikian tutur  Andi Amran Sulaiman seperti diwartakan Kompas.

Masih menurut Amran, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Pertanian dari pusat baru cair dua pekan lalu. Untuk membelanjakannya, butuh waktu dan proses hingga traktor-traktor bisa diserahkan ke petani Ponorogo, Jawa Timur.  Pihaknya menargetkan, traktor untuk Ponorogo selesai dibagikan dalam dua bulan.

“Kemarin ada yang tanya, pak yang di Ngawi itu kok diambil kembali? Kita perlu luruskan, ini yang dibagikan di Ngawi untuk seluruh provinsi Jawa Timur,” lanjut Amran.

Sebagaimana diwartakan beebrapa media, Presiden RI Joko Widodo akhir Januari 2015 memberikan 852 traktor tangan dan 377 pompa air untuk petani di Jawa Timur. Pemerintah pusat juga memberi bantuan 98.000 benih jagung dan 70.000 benih kedelai untuk petani di Jawa Timur. Serah terima tersebut sudah dilakukan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (31/1).

Tags:
author

Author: