Alasan Tol Bali Mandara Ditutup Hari Ini

bali

Bali~ Hari ini (21/3) Jalan Tol Bali Mandara tutup selama 31 jam karena menjadi Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1937.  Berdasarkan informasi yang diwartakan Kompas online, penutupan salah satu tulang punggung transportasi pulau dewata ini akan dilakukan sejak Jumat (20/3) pukul 24.00 Wita hingga Minggu (22/3/2015) pukul 07.00 Wita.  Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim.

“Kami sampaikan kepada masyarakat yang ada di Pulau Bali, bahwa mulai 20 Maret pukul 24.00 jalan tol Bali Mandara akan ditutup dan akan kami buka kembali tanggal 22 Maret pukul 07.00 . Ya kira-kira penutupannya sekitar 31 jam,” Akhmad Tito Karim.

Menurut penjelasan Akhmad Tito Karim, penutupan jalan tol tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali dan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Namun, bukan berarti tol ini ditutup 100 persen. Dalam kondisi darurat, kendaraan tetap akan diizinkan untuk melalui tol Madura-Bali. Kondisi dimaksud antara lain dikhususkan bagi ambulan mengangkut orang sakit atau melahirkan.

“Dalam kondisi darurat, jalan tol bisa digunakan. Bisa berkoordinasi dengan petugas yangg tetap melakukan penjagaan. Petugas keamanan tetap berjaga, hanya petugas loketnya saja libur,” lanjut Akhmad Tito Karim.

Selain ditutup, semua lampu disepanjang jalan tol sekitar 12 kilometer ini akan dipadamkan selama Nyepi. Petugas keamanan yang menjaga aset tol pun hanya dibekali lampu senter untuk kondisi darurat saja.  Untuk keamanan, pihak jasamarga juga telah melibatkan pecalang di desa adat sekitar dan aparat kepolisian.

Tags:
author

Author: