Amnesty International Sebut 8.000 Orang Tewas Saat Bentrok Dengan Boko Haram, Ini Pendapat Pemerintah Nigeria

niger

ABUJA – Dalam enam tahun terakhir, Boko Haram terus berupaya mendirikan negara Islam. Dan perjuangan kelompok militan ini telah menewaskan ribuan orang dan memaksa sekitar 1,5 juta juta orang mengungsi.  Amnesty International menyebut lebih dari 8.000 orang tewas dalam tahanan selama bentrokan dengan militan Boko Haram. Awalnya Nigeria menolak tuduhan tersebut, namun dikarenkan adanya tekanan internasional, Militer Nigeria pun kemudian menyelidiki kasus tersebut lebih intensif. Pihak Militer Nigeria mengatakan, penyelidikan tersebut sudah dimulai sejak Jumat (19/6) kemarin.

Dilansir dari republika.co.id, Mayor Jenderal Adamu Baba Abubakar mengatakan, militer memiliki tanggung jawab konstitusional dan moral untuk melindungi warga Nigeria, dan tidak bisa tiba-tiba terlibat dalam pembunuhan massal, seperti yang digambarkan oleh tuduhan Amnesty International.

Sementara itu, Presiden terpilih Nigeria, Muhammadu Buhari, berjanji akan mempelajari kasus tersebut dan bertindak sesuai hukum. Boko Haram sendiri telah meningkatkan serangan di Kamerun dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini mendorong pemerintah Kamerun meningkatkan kekuatan pertahanan di sepanjang perbatasan dengan Nigeria dengan dukungan pasukan Chad

Tags:
author

Author: