Amy Minzer Abadikan Nama Malala Yousafzai Menjadi Nama Asteroid 316201

malala

AMERIKA – Nama Malala Yousafzai diabadikan sebagai nama asteroid yang sebelumnya bernama asteroid 316201. Gadis berusia 17 tahun asal Pakistan ini menjadi peraih Nobel Perdamaian Dunia. Dalam kisahnya Malala, menuntuk hak perempuan untuk bisa pergi ke sekolah. Malala menerima luka serius pada tahun 2012 setelah ditembak Taliban Pakistan saat menumpang bus sekolah di Bukit Swat, Pakistan.

Dikutip dari BBC News, usai menjalani perawatan di Inggris, Malala berbicara di depan sidang PBB dan sejumlah negara mengkampanyekan hak pendidikan. Karena upayanya bersama pejuang hak anak di India, Kailash Satyarthi, Malala mendapat pengahargaan Nobel Perdamaian. Malala mulai dikenal dunia setelah tampil dalam sebuah acara dokumenter BBC mengenai kehidupan di bawah kekuasaan Taliban yang mengekang hak pendidikan bagi perempuan.

Sementara itu, Amy Mainzer merasa tergugah membaca kisah perjuangan Malala. Ilmuwan astrofisik di NASA ini bekerja di bagian laboratorium tenaga penggerak jet. Dia pun memutuskan untuk memberikan penghargaan kepada gadis berusia 17 tahun itu.

“Berpikir jika ada yang layak memiliki nama asteroid, maka dia berhak,” ungkap Mainzer seperti dikutip Al Arabiya dari The Independent, Minggu (12/4/2015).

Lima tahun yang lalu, Ia menemukan asteroid 316201 mengorbit di antara Mars dan Jupiter. Dalam peraturan Persatuan Astronomi Internasional, Mainzer memiliki hak untuk memberi nama asteroid temuannya.

Tags:
author

Author: