Anak Aktif Memiliki Kesehatan Mental yang Lebih Kuat

anak

Jakarta- Olahraga dikenal memiliki banyak manfaat. Aktivitas fisik yang memberi manfaat kesehatan ini tida hanya dibutuhkan bagi remaja dan orang dewasa saja. Sebenarnya, semua usia seperti orang tua dan anak-anak pun juga butuh olahraga.

Dilansir dari Kompas.com, studi terbaru, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology mengemukakan, bahwa olahaga tidak hanya bermanfaat untul kesehatan fisik pada anak tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mentalnya, dan mengatasi depresi pada anak-anak.

Berdasarkan pengamatan dari 800 anak berusia 6 tahun yang menyukai olahraga,  diketahui anak yang kurang aktif berisiko mengalami gejala depresi diusia 8-10 tahun. Namun, bagi anak- anak yang aktif tidak ditemukan adanya depresi dalam jangka panjang.

Peneliti utama, Tonje Zahl, menjelaskan, saat depresi, anak-anak biasanya lebih banyak duduk dan kurang aktif seperti halnya orang dewasa. Hal itu justru bisa memperburuk keadaan.

“Ini bisa menjadi alasan penting mengapa anak-anak harus dibiasakan melakukan aktivitas fisik dan diberi dukungan fasilitas untuk melakukannya. Selain untuk memerangi obesitas, rutin olahraga juga untuk memelihara kesehatan mental dalam jangka panjang”, papar Zahl.

Tags:
author

Author: