Ancaman Menteri Yuddy untuk Para PNS

gaji PNS

Pewartaekbis~ Untuk kesekian kalinya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengingatkan bahwa pegawai negeri sipil harus netral dan profesional dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2015. Apabila membelot dari aturan ini, ia menyatakan jika ada sanksi berat yang menanti.

“Ini tidak main-main, UU jelas melarang. Kalau ada PNS yang tidak mengindahkan ketentuan UU untuk netral selama Pilkada, maka sanksinya akan sangat tegas dan berat,” tegas Yuddy di Kantor Kementerian PAN-RB.

Bahkan, yuddy mengancam akan memecat PNS yang terbukti menggunakan fasilitas negara untuk mendukung salah satu calon.

“Sanksinya sudah jelas tidak ada sanksi ringan, langsung sanksi sedang yang bisa dicopot dari jabatan kalau kemudian terbukti menggunakan fasilitas negara atau dengan sengaja merugikan kepentingan luas,” lanjutnya.

Seperti diwartakan Kompas, Yuddy saat ini memang mengaku belum mendapat informasi resmi dari Bawaslu soal PNS ‘nakal’. Ia baru mendengar lewat media dan beberapa sumber lain.

“Kalau hanya sekadar pemberitaan dan informasi kami sudah mendengar,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah disebutkan jika PNS untuk terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pemilihan kepala daerah dan kegiatan kampanye, baik secara aktif maupun tidak aktif, langsung ataupun tidak langsung.

Rate this article!
Tags:
author

Author: