Ancaman Tiongkok untuk Militer Myanmar

sniper

Pewartaekbis~ Tiongkok nampaknya sangat geram dengan aksi militer Myanmar yang ‘menyerbu’ wilayahnya dengan alasan mencari pemberontak. Seperti diwartakan Merdeka online, Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menyatakan tidak segan mengerahkan kekuatan militernya jika Myanmar berulah lagi. Untuk saat ini, pimpinan pemerintah dan militer Tiongkok memilih menahan diri dan membuat perhitungan sambil melihat sikap Myanmar selepas penyerangan yang membuat beberapa warga Tiongkok terbunuh.

Deputi Kepala Militer Tiongkok, Fan Changlong, juga menyebutkan jika kelancangan militer Myanmar beberapa saat lalu bukanlah yang pertama. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya pemerintah Myanmar menanggapi kejadian ini dengan serius.

“Pemerintah Myanmar harus menanggapi serius kejadian ini. Bertindak serius terhadap kejadian ini, menghukum orang yang menjadi biang masalah, serta meminta maaf dan memberikan ganti rugi kepada keluarga korban tewas dan menjelaskannya kepada pemerintah Tiongkok,” tutur Fan seperti diberitakan Al Jazeera.

Tidak cukup disitu, Fan meminta Pemerintah Myanmar bertindak tegas terhadap anggota militernya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut. Jika tidak, militer Tiongkok tidak akans egan mengambil tindakan.

“Kalau tidak, militer Tiongkok akan mengambil tindakan dan perhitungan untuk melindungi warga, property, dan keamanan rakyat Tiongkok,” lanjutnya.

Sementara itu, pemerintah Myanmar tak mengaku melakukan operasi militer di wilayah Tiongkok. Kepala Kantor Kepresidenan Myanmar, Zaw Htay, juga menyangkal bom membunuh empat warga Tiongkok berasal dari tentara mereka. Bahkan, Zaw memiliki data dari penerbangan dan GPS jet tempur jika pilot mereka tak menyerang Tiongkok bagian selatan.

Tags:
author

Author: