Aplikasi Ajaib untuk Pantau Kemacetan di Semarang

masjid agung semarang

Semarang~ Anda ingin memantau kepadatan lalu lintas di Kota Semarang? Gunakan saja aplikasi bernama “ATCS Lalin Semarang” yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini memiliki memori aplikasinya pun cukup ringan, hanya 437 Kb.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk ponsel berbasis android ini sudah diupdate ulang oleh GDTech Indonesia dan Pemkot Semarang pada 31 Maret 2016. Adapun daerah yang bisa terpantau di ATCS Lalin Semarang yaitu Abdurahman Saleh, Bangkong, Fatmawati, Kalibanteng Selatan, Kalibanteng Utara, Kaligarang, Karang Ayu, Karyadi, Kelinci, Ki Mangun Sarkoro, Krapyak, Kyai Shaleh-Pandanaran, Lamper-Gajah, Milo, Pasar Gayam, Peterongan, Polda, Soekarno-Hatta, Sam Po Kong, Supriyadi, Thamrin-Pandanaran, dan Tugu Muda.

Dijelaskan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, aplikasi ini merupakan salah satu inovasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Targetnya tentu saja bahwa inovasi-inovasi di Kota Semarang ini benar-benar dapat berjalan untuk membantu masyarakat, bukan hanya sebagai pelengkap saja,” kata Hendrar Prihadi.

Sementara itu, pihak Dishubkominfo Kota Semarang memantau di control room di kantor Dishubkominfo Kota Semarang. Sebuah ruangan berisi banyak layar yang menampilkan satu persatu live streaming CCTV. Control  room juga tersedia di gedung Pusat Informasi Publik (PIP) yang berada di kompleks Balai Kota Semarang, tepatnya di lantai dua.

“Ketika semua sistem baik itu sistem kerja, pelaporan, pengendalian dan lain sebagainya telah teruji dan terbukti benar-benar berjalan, maka tidak akan ada lagi yang dikhawatirkan, karena semua sudah on the right track,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agus Harmunanto, menerangkan jika jumlah CCTV akan terus ditambah.

“200 CCTV itu nantinya juga untuk keamanan. Akan dipasang ditempat-tempat rawan,” katanya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: