Asupan Sehat, Hindarkan Tubuh Hasilkan Keringat yang Menyebabkan Bau Badan

sayuran

Jakarta-  Keringat merupakan sisa hasil proses pengolahan dalam tubuh yang dikeluarkan lewat pori-pori kulit. Aktifitas, asupan, dan berat badan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi aroma keringat masing-masing orang berbeda. Faktor yang mempengaruhi aroma tubuh seseorang diantaranya dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi.

Dilansir dari Kompas.com,  penelitian di Australia’s Macquarie University menemukan, orang yang mengonsumsi buah dan sayur memiliki aroma keringat yang cenderung manis. Sementara aroma floral dihasilkan dari mereka yang cenderung mengonsumsi daging, telur, dan kedelai. Sedangkan, mereka yang memiliki bau keringat tidak enak diketahui cenderung mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi.

Sementara itu, dr Eddy Karta SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan mengatakan, kelenjar keringat apokrin yang aktif setelah remaja dapat menimbulkan aroma khas, khususnya di ketiak dan selangkangan. Meski demikian, setiap orang memang ‘memproduksi’ aroma khas masing-masing. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti, kebersihan, pola makan, obat-obatan yang dikonsumsi, gaya hidup dan juga faktor genetik.

Jadi, agar mendapatkan aroma tubuh yang segar menjaga asupan dan kebersihan adalah upaya yang perlu dijaga. Gaya hidup sehat dan bersih membuat tubuh kita jauh dari bau yang tidak sedap. sedangkan asupan sehat membantu agar metabolisme dalam tubuh lancar, sehingga keringat yang dihasilkan pun keringat yang segar dan bau badan pun dapat dihindari.

Tags:
author

Author: