Asyik! Bangun Subuh Bisa Melihat Planet Berjejeran

 

bos

Pewartaekbis~ Kabar menarik bagi Anda yang ingin melihat lima planet dalam satu garis lurus. Berdasarkan pernyataan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, planet-planet tersebut akan terlihat di langit di waktu subuh.

“Bukan hanya satu hari, tapi beberapa hari, lama. Terlihat subuh, sekitar pukul 04.30 WIB. Melihatnya di arah timur. Di seluruh dunia bisa melihat pada subuh waktu lokal,” terang Thomas Djamaluddin (20/1).

Planet-planet tersebut terlihat sejajar karena berada dalam garis ekliptika, garis yang seolah-olah garis posisi matahari di langit.

“Lihat ke timur, urutannya Merkurius, lebih tinggi ada bintang terang Venus atau bintang timur, Saturnus, kemudian yang warnanya kemerahan itu Mars, selanjutnya di atas kepala Jupiter juga cukup terang,” kata Thomas.

Namun, tak semua planet mudah dikenali dan dilihat. Merkurius dan Saturnus termasuk planet yang susah dilihat. Adapun planet yang paling mudah dikenali menurut Thomas adalah Venus, Jupiter dan Mars relatif lebih mudah dilihat dan dikenali.

“Lima planet terlihat pada satu kesempatan itu memang agak jarang,” imbuhnya seperti diwartakan detik.com.

Penjelasans erupa dibeberkan oleh Astronom dari Museum Victoria, Dr Tanya Hill. Ia mengemukakan jika Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus akan tampak dengan mata sekitar satu jam sebelum mata hari terbit.

Tags:
author

Author: