Asyik! Dana Desa Tahun 2018 Akan Ditingkatkan “Lagi”

rupiah

rupiah

Jakarta– Dana desa yang diterapkan oleh pemerintah dinilai Presiden Joko Widodo tepat sasaran. Oleh karenanya, politikus asal Solo ini menargetkan untuk bisa meningkatkan dana desa dua kali lipat pada 2018.

Untuk diketahui, di tahun 2016 pemerintah menganggarakan Rp47 triliun untuk dana desa. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp70 triliun di tahun 2017..

“Tahun depannya kemarin sudah kami hitung-hitung saya mau tingkatkan dua kali lipat. Tahun 2018 dua kali lipat, tapi masih dihitung,” ungkap presiden Jokowi sebagaimana diwartakan CNN.

Disebutkan presiden, peningkatan ini tidak lepas dari penyerapan dana desa tepat sasaran. Ketepatan ini ditinjau langsung oleh presiden beberapa waktu lalu. Peninjauan terakhir yang dilakukan presiden Jokowi ialah di Dusun Krajan, Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Di sana, Presiden melihat dana daerah dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur penunjang berupa saluran air dan pengerasan jalan.

“Dari sampling kami di beberapa desa oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), 80 persen kena sasaran, itu penting sekali,” tandasnya.

Tags:
author

Author: