Asyik! Danau Toba Akan Direstorasi

danau toba

Sumatra~ Danau Toba di Sumatra Utara menjadi satu dari tujuh danau yang akan direstorasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek ini menggunakan anggaran sebesar Rp187,5 miliar yang dialokasikan tahun 2016.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air (SDA), Lolly Martina Martief, menerangkan jika pekerjaan ini meliputi pengerukan sedimentasi, pembuatan tanggul untuk eksistensi danau, serta penetapan badan dan sempadan danau yang biasa disebut zonasi danau.

Selain dana yang dialokasikan di tahun 2016,  kementerian disebut Loly akan menyiapkan dana Rp303 miliar pada 2017 untuk melanjutkan penanganan ketujuh danau prioritas tersebut. Danau dimaksud yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Tempe (Sulawesi Selatan), Maninjau (Sumatera Barat), Rawapening (Jawa Tengah), Tondano (Sulawesi Utara), Limboto (Gorontalo), dan Singkarak (Sumatera Barat).

Seperti diwartakan otonomi.co.id,  diharapkan pariwisata ketujuh danau itu pasca restorasi akan mampu menyokong pengembangan bisnis yang penting dan memunculkan ide-ide bisnis yang unik.

Selain tujuh danau tersebut, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menambahkan jika ada beberapa danau lain yang dijadikan prioritas nasional. Danau dimaksud antara lain Danau Kerinci (Jambi), Rawa Danau (Banten), dan Danau Batur (Bali).

Rate this article!
Tags:
author

Author: