Asyik! Harga Minyak Dunia Terus Merosot

BBM naik

Pewartaekbis~ Kabar baik untuk masyarakat Indonesia. Keluhan soal mahalnya harga bahan bakar minyak (BBM) sebentar lagi mungkin akan sirna. Pasalnya, harga minyak dunia terus mengalami penurunan. Bahkan, harga minyak mentah jenis Brent terus melemah hingga ke level harga US$ 47,36 per barel. Harga tersebut merupakan harga terendah sejak awal 2009 silam.

Berdasarkan sumber terpercayam harga minyak dunia merosot lebih dari 50 persen sejak Juni 2014. Ketika itu harga minyak berada di level US$ 110 per barel. Kondisi ini tentu berakibat pada melambatnya permintaan ekonomi global dan menguatnya dolar terhadap sejumlah mata uang.

Seperti yang diwartakan BBC (13/1), harga minyak mentah AS saat ini berada pada titik terendah. Harganya diberitakan turun hingga lima persen, berada di level US$ 45,9 per barel. Oleh karena itu, wajar jika pemimpin berbagai negara di dunia seolah berupaya untuk memberikan harga BBM termurah dalam sejarah.

Di Inggris misalnya, harga bensin di Brimingham hanya dijual dengan harga 99 pound sterling per liter. Adapun solar rencananya akan diturunkan hingga pada harga 110,7 pound sterling per liternya.

“Harga minyak jenis Brent akan tetap berada di kisaran US$ 40 per barel untuk enam bulan pertama tahun ini. Di level tersebut, investasi di industri migas AS akan meningkat,” demikian diuungkap para analis di Goldman Sachs.

Dalam kondisi semacam ini, pada umumnya OPEC akan memangkas produksi agar harga minyak duia kembali naik. Namun, pada pertemuan OPEC November 2014  justru disepakati jika negara anggota OPEC sepakat mempertahankan produksi minyak tanpa ada penurunan volume.  Artinya, penurunan harga minyak dunia sepertinya akan terus berlanjut.

Tags:
author

Author: