Asyik! Tahun Depan Dana Tunjangan Guru Tak Akan Terlambat

rupiah

rupiah

Jakarta – Kabar apik bagi para guru. Pasalnya, pencairan tunjangan profesi guru (TPG) bakal tepat waktu mulai tahun depan. Hal ini merupakan dampak dari adanya perbaikan penyaluran TPG yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di tahun 2017 pelaporan penyaluran TPG dirancang menggunakan sistem daring. Dengan demikian, diharapkan kemungkinan keterlambatan pembayaran semakin kecil.

“Laporan keuangan harus online (daring), sedang dirancang dan didiskusikan dengan BPKP,” jelas Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, ‎Sumarna Surapranata (19/12).

Dijelaskan Pranata, terdapat lima masalah yang terdeteksi dalam penyaluran TPG setiap tahun. Masalah dimaksud salah satunya adalah data yang tidak akurat. Oleh karenanya, optimalisasi data pokok pendidikan (dapodik) segera dilakukan sebagai upaya mendapatkan data yang akurat.

 “Kami gunakan satu data saja, yaitu dapodik,” imbuhnya.

Data yang tidak tepat menurutnya memiliki dampak pada jumlah dana yang disalurkan. Pasalnya, penyaluran dana akan terlambat jika data kurang. Apabila data ternyata melebihi kondisi sebenarnya maka akan menimbulkan sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).

Tags:
author

Author: