Asyiknya Mengunjungi Taman Narmada

kupu

Lombok Barat~ Jalan-jalan ke Lombok Barat serasa belum lengkap tanpa mengunjungi Taman Narmada. Salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Lombok Barat ini memiliki luas keseluruhan 2 ha. Berdasarkan catatan sejarah, awalnya destinisi wisata favorit yang satu ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok bernama Anak Agung Ngurah Karang Asem.

Konon, Narmada diambil dari sebuah anak Sungai Gangga di India yang dianggap suci bernama Narmadanadi. Namun, pada zaman dahulu nama Narmada hanya digunakan untuk menamai mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai jernih di kawasan taman bersejarah ini. Oleh karena kepopuleran areal ini, akhirnya seluruh kawasan taman termasuk sebuah pura di dalamnyan disebuts ebagai Taman Narmada.

Ketika Anda mengunjungi taman ini melalui bagian utara, Anda akan disambut Gerbang utama Taman Narmada yang berbentuk gapura bentar. Setelah itu, Anda dapat menyaksikan telaga kembar di halaman Jabalkap. Di selatan Jabalkap ini terdapat sebuah gapura bernama Gapura Gelang/Paduraksa yang menghubungkan dengan halaman mukedes. Nah, di dalam halaman mukedes Anda akan dibuat takjub oleh beberapa bangunan yang sangat cantik bernama Sanggah Pura, Balai Pameran, dan Balai Loji (kediaman raja).

Tak hanya itu, di kompleks taman ini ada Balai terang yang selalu memikat pengunjung. Tempat ini merupakan ruangan yang berisi tempat tidur raja berbentuk panggung dan terbuat dari kayu. Bagian timur Balai Terang dibuat terbuka agar raja dapat menikmati pemandangan ke arah Pura Meru. Bahkan, di dalam ruangan tersebut terdapat pintu dan jendela bermotif bulan tunggal dan tumbuh-tumbuhan yang sangat eksotis.

Selain beragam bangunan unik, di Taman Narmada ada banyak sekali tanaman hias dengan kecantikan menakjubkan. Tanaman tersebut disusun sedemikian rupa sehingga Anda akan betah berlama-lama di taman kebanggaan masyarakat Lombok Barat ini.

Rate this article!
Tags:
author

Author: