Awal Maret, Raja Arab Saudi Kunjungi Indonesia

saudi

Jakarta~ Awal bulan Maret 2017 mendatang, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud berencana untuk mengunjungi Indonesia. Dalam catatan sejarah, ini merupakan kunjungan kenegaraan yang langka. Tercatat, raja terakhir Arab Saudi yang datang ke negeri ini adalah Raja Faisal bin Abdul Aziz yang datang sekitar 47 tahun silam.

Menurut penjelasan Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, Kepala Protokol Istana Kerajaan Arab Saudi sudah mengonfirmasi rencana kunjungan Raja Salman. Ia juga mengaku sudah mengadakan pertemuan dengan Rais al-Marasim al-Malakiyyah atau Kepala Protokol Istana Raja di Royal Court Riyadh untuk melakukan langkah-langkah persiapan dan pengaturan rencana kunjungan sang raja.

“Pada pertemuan kami dengan Kepala Protokol Kerajaan, Dr. Khaled bin Saleh al-Abbad telah disampaikan secara langsung konfirmasi dan kepastian kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada awal Maret 2017 lengkap dengan susunan agendanya,” jelasnya (25/1).

Sebagaimana dikutip dari laman nu.or.id, Dubes Agus Maftuh sejak awal telah mengindikasikan jumlah rombongan Raja sangat besar. Pasalnya, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Raja Salman ke Indonesia.

“Arab Saudi merupakan negara besar dengan potensi pengembangan dan kerja sama ekonomi yang terbuka luas, khususnya sektor perminyakan. Arab Saudi dan Indonesia juga sama-sama menjadi anggota G-20. Oleh sebab itu, cukup banyak kalangan dunia usaha dan sektor swasta Arab Saudi yang juga berkeinginan untuk menjadi bagian dari kunjungan Raja ke Indonesia,” tandasnya.

Tags:
author

Author: