Awan Panas Gunung Sinabung Gelapkan Kebanjahe

gunung lokon

Karo~ Masyarakat di sekitar Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, nampaknya masih was-was. Pasalnya, gunung ini masih terus bergejolak. Pada hari Rabu (24/6) kemarin, terjadi 3 kali erupsi. Gugusan awan panas gunung ini juga mencapai 2.000 meter. Adapun jarak luncur awan panas mencapai 2.500 dan mengarah ke sisi tenggara.

Seperti diwartakan Liputan6.com, fenomena alam ini mengakibatkan langit Kota Kabanjahe, Karo, menjadi gelap. Di balik bahayanya, awan panas ini menyimpan keindahan luar biasa sehingga warga setempat sempat menontonnya terlebih dahulu sebelum akhirnya terpaksa berlindung di tempat yang aman.

Mereka yang ada di Kota Kebanjahe dan sekitarnya juga diimbau selalu mengenakan masker. Imbauan ini dibuat untu menghindari gangguan kesehatan, seperti penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dan penyakit lainnya akibat menghirup debu vulkanik.

Sebagaimana diwartakan sejumlah media, Gunung api Sinabung masih berada pada status Awas atau Level IV. Kondisi sekitar 10.000 pengungsi Gunung Sinabung juga mulai memprihatinkan. Beberapa penyakit seperti gatal-gata, ISPA, dan sakit perut, mulai menyerang mereka. Mirisnya, kebanyakan dari pengungsi yang terserang penyakit adalah anak-anak dan beberapa orangtua lanjut usia. Hampir setiap hari posko kesehatan dipenuhi para pengungsi yang terserang penyakit.

Tags:
author

Author: