Badai Siklon Ula Hantam Wilayah Tonga Ratusan Warga Dievakuasi

badai

Vava’u- Sabtu, 2 Januari 2016 wilayah Tonga, Vava’u, Pulau Pasifik dihantam badai siklon Ula. Akibat musibah ini ratusan warga dievakuasi. Badai ini menyebabkan pohon roboh, merusak lahan pertanian dan bandara utama yang melayani penerbangan domestik terpaksa ditutup.

Sebelumnya pihak pemerintah memperingatkan bahwa Badai Ula memiliki kekuatan angin yang bisa mengakibatkan kerusakan parah. Namun pada Sabtu 1 Januari ini, kekuatan Badai Ula sudah diturunkan. Badai itu diperkirakan beranjak menuju Fiji.

Dilansir dari Metrotvnews.com, Wilayah Vava’u menjadi daerah yang paling parah dilanda badai siklon kategori tiga itu. Sementara kecepatan angin dari badai ini mencapai 150 kilometer per jam.

Ketua Manajemen Darurat Nasional Tonga, Siaosi Sovaleni, bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam badai ini. “Kami sudah menyiapkan 11 pusat evakuasi. Lebih dari 390 orang sudah direlokasi ke pusat evakuasi tersebut,” Sovaleni.

Sementara itu, Direktur Badan Meteorologi Tonga Ofa Fa’anunu mengatakan, mengkhawatirkan bila badai bisa berubah menjadi badai kategori lima. Ia pun mengatakan, beruntung sekali bahwa imbas dari badai ini tidak terlalu signifikan.

Tags:
author

Author: