Bahaya Konsumsi Gula Berlebih Tak Hany Akibatkan Diabetes

 

gula

Jakarta- Seseorang yang mengonsumsi gula lebih dari yang disarankan, terancam terkena diabetes. Namun, kelebihan konsumsi gula juga berbahaya bagi otak.

Dilansir dari Detik.com, World Health Organization (WHO) mengeluarkan pedoman bahwa sehari konsumsi gula tambahan tak lebih dari 12 sendok teh. Hal ini dikarenakan, gulamemang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, ketika jumlah yang dikonsumsi berlebihan maka bukan energi yang diperoleh tapi malah efek buruk.

Ahli farmasi Profesor Margaret Morris dari University of New South Wales di Australia mengatakan, sebuah studi yang melakukan uji coba pada hewan yang diberi konsumsi berlebih terlihat kerusakan otak yang mirip karena stres ekstrem atau trauma.

“Kami menemukan tikus yang mengonsumsi gula tapi tak terpapar stres memiliki perubahan yang sama pada otaknya dengan kelompok tikus yang terpapar stres tapi tak minum gula. Ekspos terhadap stres dan gula ini melemahkan reseptor yang mengikat hormon stres kortisol, yang kemudian memengaruhi kemampuan untuk pulih dari situasi penuh tekanan,” papar Morris.

Morris mengatakan, peneliti melihat pada area otak yang bertanggung jawab terhadap emosi dan fungsi kognitif bahkan lebih besar dibandingkan yang terjadi karena stres ekstrem.

Seperti diketahui, bahwa pengalaman buruk seperti stres ekstrem atau penganiayaan yang terjadi di usia dini, dapat meningkatkan risiko kesehatan mental yang buruk dan gangguan psikiatrik ketika dewasa.

Tags:
author

Author: