Bahaya Kurang Tidur

tidurJakarta- Tidur merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tidur membuat seseorang lebih rileks dan memperoleh kekuatan. Tubuh orang dewasa butuh antara tujuh sampai delapan jam untuk tidur, sedangkan bayi sampai 10 jam. Akan tetapi, faktanya hingga 66 persen orang kekurangan tidur.

Dilansir dari Detik.com, Ahli saraf Claudia Aguirre pada TED-Ed menjelaskan, saat seseorang kekurangan tidur maka dampak yang pertama-tama akan muncul adalah kehilangan kemampuan fokus.

“Lalu, jika hal ini terus berlanjut maka akan terjadi risiko munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kegemukan akan meningkat. Bahkan, pada kasus kelelahan yang ekstrim karena kurang tidur bisa juga menyebabkan kematian”, papar Claudia.

Oleh karena itu, kekurangan tidur bisa membuat berbagai dampak negatif bagi tubuh. Hal ini diduga karena di otak jadi banyak menumpuk produk limbah hasil sisa metabolisme di siang hari, akan dibersihkan oleh sistem glymphatic.

“Sistem glymphatic ini akan menjadi lebih aktif ketika kita tidur dan ia bekerja menggunakan cairan otak untuk membuang limbah-limbah beracun di antara sel,” ujar Claudia.

Rate this article!
Bahaya Kurang Tidur,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: