Bandung Akan Tetapkan Plastik Berbayar, Ini Tarif yang Diusulkan

plas

Bandung– Sebanyak 22 kota berkomitmen untuk melaksanakan uji coba pemberlakuan plastik berbayar. Dari 22 kota tersebut, Bandung menjadi salah satu kota yang berkomitmen untuk melakukan uji coba tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, untuk mengurangi pemakaian kantong plastik, Bandung menjadi salah satu dari 22 kota yang berkomitmen melaksanakan uji coba pemberlakuan plastik berbayar pada 21 Februari 2015 mendatang.

Berdasarkan Hasil dari Forum Group Discussion yang diigelar di Park Hotel, Kamis (4/2/2015) akan menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan harga plastik berbayar di Kota Bandung.

Kepala BPLH Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengungkapkan, Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan mengusulkan harga yang dikenakan yakni Rp 500 per kantong plastik. Sementara itu, para pengusaha mengusulkan tarif Rp 200 per kantong plastik.

Meski demikian, Ginanjar mengatakan, harga tersebut sifatnya fleksibel dan masih bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Sementara itu, Anilawati N fasilitator dari kelompok Konsumen mengatakan, konsumen berharap berapapun yang akan diputuskan, harus kembali ke masyarakat. Selain itu, pada saat penentuan harga harus melalui survey terlebih dahulu.

Tags:
author

Author: