Bank Dunia, Negara Berkembang Perlambat Laju Pertumbuhan Ekonomi Global

eko

JAKARTA – Bank Dunia menyatakan, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan lebih rendah dari yang diharapkan pada 2015. Pertumbuhan ekonomi global diprediksi naik 2,9 persen untuk tahun ini. Pertumbuhan ekonomi tahun ini salah satunya dipengaruhi karena lambatnya laju perekonomian di negara-negara berkembang.

Dilansir dari Kompas.com, dari laporan bertajuk Global Economic Prospects, Bank Dunia menyebut perlambatan yang tetap berlangsung di sejumlah negara berkembang diperkirakan akan menghambat upaya-upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan kemakmuran.

Perkembangan beberapa negara ini secara tidak langsung memberi dampak pada pertumbuhan di negara-negara berkembang lainnya. Perlambatan ini dapat menurunkan upaya pengentasan kemiskinan.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan resminya, Kamis (7/1/2015) mengatakan, lebih dari 40 persen dari penduduk miskin dunia berada di negara-negara berkembang di mana pertumbuhan melambat sepanjang 2015.

Kim menjelaskan, negara berkembang sebaiknya berfokus pada situasi pelemahan ekonomi dan berupaya melindungi kaum yang paling rentan. Sehingga, upaya reformasi tata kelola pemerintahan serta dunia bisnis dapat membantu menekan dampak dari perlambatan ekonomi di negara-negara maju

Tags:
author

Author: