Bank Of China Siap Berikan Kredit dan Bantuan Untuk Bina UKM Indonesia

icbc

Jakarta – Indonensia-China Business Council (ICBC) menjalin kerjasama dengan Bank of China. CEO Maspion Group, Alim Maskur sebagai perwakilan ICBC mengatakan, dalam pertemuan tersebut dibuat cooperation agreement yang mana berisi tentang kesiapan Bank of China  memberikan kredit kepada UKM (usaha kecil menengah).

Tak hanya itu, Alim mengungkapkan bahwa bank Tiongkok tidak hanya memberikan kredit kepada UKM, namun juga memberikan bantuan lain seperti teknis dan pengontrolan produksi UKM. Hal tersebut bertujuan agar UKM bisa memproduksi barang yang berkualitas yang siap untuk diekspor ke Tiongkok. Dengan kata lain, Bank tiongkok memberikan bantuan selengkapnya kepada UKM agar dapat memproduksi barang berkualitas yang sesuai dengan pasar Tiongkok.

Dalam proyek kerjasama ini, Bank Tiongkok siap mengalirkan dananya hingga puluhan triliun rupiah untuk mendanai pembinaan UKM agar menjadi UKM yang menghasilkan produk berkualitas. Meskipun demikian, Alim belum dapat memberikan penjelasan secara detai terkait berapa jumlah UKM yang akan dibina untuk proyek kerjasama ini.

“UKM kita harus bangkit. Ini step by step. Tapi, tujuannya bakal besar dananya, bisa Rp2-20 triliun. Ini kredit untuk seperti produk pertanian, untuk industri kecil yang mana bisa menjadi cindera mata,” kata Alim saat mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta pada Rabu, 18 Maret 2015 lalu.

Alim berharap,agar perjanjian kerja sama ini bisa segera diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat Jokowi berkunjung ke Tiongkok.

Tags:
author

Author: