Banyak Koper Jamaah Haji Indonesia Dibongkar di Jedah karena . . .

jamaah haji indonesia

Jedah~ Untuk kesekian kalinya, berton-ton air zamzam jamaah haji Indonesia dibongkar petugas dari koper mereka. Ya, masih banyak jamaah haji asal Indonesia yang nekat memasukkan air zam zam di dalam koper. Padahal sudah ada larangan untuk membawa air zam zam di dalam koper.

“Dari penerbangan Garuda zamzam yang dibongkar sekitar 5,8 ton, sedangkan dari penerbangan Saudi sekitar 1,7 ton,” jelas Kepala Seksi Kedatangan dan Pemulangan Jamaah Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi, Edayanti Dasril Munir, di Jeddah (6/10).

Menurutnya, pembongkaran zamzam sangat masif pada lima hari pemulangan jamaah haji ke Tanah Air yang dimulai sejak Senin (28/9). Dalam catatannya, tidak kurang 6,7 ton zamzam jamaah haji yang dikeluarkan dari koper mereka.

Menanggapi kasus ini, petugas PPIH Arab Saudi pun kian menggencarkan sosialisasi larangan membawa zamzam. Petugas memastikan, setiap tas jamaah akan dibongkar apabila ditemukan air zamzam. Upaya tersebut cukup berhasil.

“Sejak Sabtu lalu sampai hari ini, sudah mulai soft. Tidak lagi banyak ditemukan zamzam, paling hanya tas saja,” lanjutnya.

Edayanti juga mengatakan jika tahun ini GACA memberlakukan aturan ketat berupa larangan membawa zamzam ke dalam pesawat. Bahkan, maskapai yang terbukti membawa air zamzam akan dikenakan sanksi mencapai 10 ribu Riyal Arab Saudi per penerbangan. Pasalnya, setiap jamaah sudah diberikan jatah lima liter air zamzam yang diberikan di debarkasi kedatangan masing-masing.

“Air zamzamnya sudah diterbangkan lebih dulu dengan empty flight ke Indonesia,” imbuh Edayanti seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Tags:
author

Author: