Batu Akik Menjadi Raja di Google Year ini Search 2015

(ilustrasi)

(ilustrasi)

Pewartaekbis~ Tak hanya di dunia nyata, ternyata batu akik juga sangat populer di dunia maya. Dalam Year ini Search 2015, Google menunjukkan jika ‘akik’ termasuk kunci (query) terfavorit yang ditelusuri lewat Google (www.google.co.id). Hal itu diumumkan pihak Goole di Conservatory, Jakarta (16/12).

Communications Head of Google Indonesia, Putri Silalahi, menyebutkan jika Go-Jek dan kue cubit berada di urutan setelah akik.

“Kue cubit rupanya juga menjadi tren yang paling signifikan pada tahun ini dan juga menjadi resep yang paling dicari di Google. Selain itu, banyak pula yang mencari resep untuk membuat kue cubit green tea,” imbuh Putri.

Terkait ‘batu akik’, Country Industry Head Google Indonesia  Henky Prihatna  menyebutkan jika kata kunci ini populer karena begitu besarnya rasa ingin tahu netizen mencari informasi ihwal batu akik.

“Ini memperlihatkan tren yang terjadi ketika itu, di mana banyak orang mencari tahu soal batu akik, pencariannya berkisar seperti ciri-ciri batu akik yang asli, cara membedakannya, dan lain sebagainya.” jelas Henky

Henky juga menerangkan jika pencarian terpopuler pada tahun ini berbeda dengan mekanisme pencarian tahun lalu. Di tahun ini, Google mengelompokkan pencarian terpopuler berdasarkan momen paling tinggi, bukan berdasarkan pencarian.

“Pencarian terpopuler ini jadi berdasarkan peak, bukan yang terbanyak. Kami mengelompokkan yang tertinggi pada saat momen itu, kemudian barulah dibandingkan dengan peak yang lain lalu diambil peak yang paling tinggi,” katanya seperti diwartakan liputan6.com.

Berikut daftar 10 besar pencarian terpopuler Google 2015.

  1. Batu akik
  2. Go-Jek
  3.  Kue Cubit
  4.  Angeline
  5.  Olga Syahputra
  6.  Dubsmash
  7.  Furious 7
  8.  Tragedi Mina
  9.  Goyang Dumang
  10.  Piala Presiden
Tags:
author

Author: