BBM Turun, Sejumlah Kebutuhan di Karanganyar Justru Naik Harga

pasar

Karanganyar~ Harga bahan bakar minyak (BBM) memang sudah turun Senin (19/1) kemarin, namun bukan berarti harga kebutuhan di pasar tradisional juga ikut turun. Di Karanganyar, Jawa Tengah, bahkan harga kebutuhan di pasar tradisional justru melambung naik.

Untuk beras misalnya, beras naik mulai Rp500 pe kg hingga Rp 1.000 per kg. Sementara itu, telur naik sekira Rp 500 per kg hingga Rp 1.000 per kg dan minyak goreng kemasan naik sekitar Rp 4.000 per kg. Tak hanya kebutuhan pokok, harga sayuran juga naik. Wortel misalnya, naik sekitar Rp 4.500 hingga Rp 5.000 per kilogram (kg) dan tomat naik Rp 1.000 per kg.

 “Harga bahan bakar minyak [premium dan solar] turun ternyata tidak mempengaruhi harga sejumlah kebutuhan di pasar. Harga di pasar sayur dan kebutuhan lainnya] dipengaruhi cuaca,” ungkap salah satu pedagang sayur di Pasar Jongke seperti diwartakan Solopos.

Berdasarkan penuturan para penjual, ada sejumlah faktor yang memengaruhi kenaikan harga-harga di pasar tradisional. Faktor dimaksud antara lain karena pasokan terbatas.

“Ini harganya malah naik semua karena barang enggak ada. Saya kurang tahu mengapa pasokan dari distributor itu terbatas,” papar seorang penjual beras.

Selain itu, hujan yang terus mendera membuat sayuran mudah busuk sehingga sayuran yang masih segar harganya meningkat.

“Hujan ini malah membuat harga sejumlah komoditas naik,” kata Yatmi, seorang pedagang.

author

Author: