Begini Cara Mendapatkan Kartu Sakti Jokowi (KIS, KIP,dan KKS )

Kartu Sakti jokowi

Pewartaekbis — Rupanya kampanye yang dijanjikan presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mulai direalisasikan. Salah satu janji yang segera direalisasikan oleh Kabinet Kerja Jokowi -JK adalah dihadirkannya tiga kartu sakti untuk rakyat Indonesia. Ketiga kartu sakti tersebut yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Hebatnya, kartu sakti yang berteknologi canggih SIM layaknya e-wallet ini bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat, caranya cukup dengan menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) aktif ke kantor pos untuk mendapatkan tiga kartu sakti tersebut.

Apa yang dimaksud dengan KPS, dan bagaimana cara mendapatkannya?

Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sendiri adalah kartu yang diterbitkan pemerintah sebagai penanda Rumah Tangga Miskin. KPS ini memuat beberapa informasi dasar, di antaranya:

  • Nama Kepala Rumah Tangga,
  • Nama Pasangan Kepala Rumah Tangga,
  • Nama Anggota Rumah Tangga Lain,
  • Alamat Rumah Tangga, dan
  • Nomor Kartu Keluarga yang dilengkapi dengan kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik.

KPS ini memiliki fungsi untuk perlindungan sosial masyarakat, antara lain untuk pengambilan bantuan Beras Miskin (RASKIN) dan juga Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Syarat mendapatkan KPS Untuk mendapatkan atau mengurus KPS, yaitu dengan mengajukan permohonan ke RT, RW, kemudian Kelurahan.

Selanjutnya informasi data yang masuk dimusyawarahkan oleh desa  (musdes)/musyawarah kelurahan (muskel) dan akhirnya ditentukanlah keluarga yang layak mendapatkanKPS. Kepala Lurah/Kepala Desa akan melaporkan hasil ini ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). KPS yang masih aktif tersebut kemudian akan diproses oleh petugas kantor pos.

Bila proses pengecekan dari kantor pos selesai, Anda akan mendapatkan tiga kartu sakti, KIP, KIS, KIP serta sebuah SIM card yang berisikan uang elektronik, dimana SIM ini akan digunakan petugas untuk mengecek nominal uang tiap masyarakat yang tersimpan di KKS. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda telah menerima bukti serah terima untuk ditandatangani.

 Untuk lebih lengkap bisa akses di http://www.tnp2k.go.id/id/program/kartu-perlindungan-sosial/tentang-kartu-perlindungan-sosial/ .

Tags: