Belanda Akan Abadikan Nama Munir Sebagai Nama Jalan Di Kota Den Haag

munir

Den Haag – Wakil Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Ibnu Wahyutomo mengungkapkan, sebuah jalan yang akan diresmikan oleh pemerintah Den Haag, Belanda akan menggunakan nama mendiang Munir Said Thalib.  Sebagai mana dilansir dari VIVA. Co.id Hal tersebut ia sampaikankepada VIVA.co.id ketika dikonfirmasi melalui telepon pada Minggu, 5 April 2015.

Namun, jalan yang nanti akan menggunakan nama Munir bukan jalan protokol. Tetapi, jalan khusus sepeda yang terletak di sebuah taman. Dalam sejarahnya, Munir meninggal di usia 39 tahun, ketika menumpang penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju ke Amsterdam pada 7 September 2004. Pengadilan kemudian menjatuhkan vonis 14 tahun penjara bagi pilot Garuda, Pollycarpus Budihari Priyanto yang ketika itu sedang tidak bertugas namun ikut dalam penerbangan. Pollycaprus terbukti bersalah karena telah meracuni makanan Munir dengan arsenik.

Namun, tidak hanya nama Munir yang digunakan untuk menamai jalan sepeda di sana. Tetapi, juga ada nama tokoh dunia lainnya seperti Bunda Theresa dan Nelson Mandela. Rencananya jalan tersebut akan diresmikan pada Selasa, 14 April 2015. Dalam peresmian jalan sepeda ini, rencananya Wali Kota Den Haag sendiri yang akan meresmikan secara langsung. Kalau acara ini dikatakan umum, maka semua orang termasuk yang tengah melewati taman itu boleh langsung menghadiri.

Meskipun demikian, hingga saat ini KBRI Den Haag belum menerima notifikasi resmi dari pemkot setempat mengenai undangan ke acara peresmian jalan tersebut. Selain itu, konfirmasi hal ini juga diperoleh dari istri Mendiang Munir, Suciwati. Sayangnya, Suciwati belum mau membeberkan lebih banyak. Suci mengaku akan terbang ke Belanda untuk menghadiri upacara peresmian nama jalan di sana dengan menggunakan nama sang suami.

“Nanti saja ya, akan kami jelaskan pada tanggal 11 April ketika kami menggelar jumpa pers,” kata Suciwati.

Tags:
author

Author: